Rabu, 25 September 2013

Inspirasi Bengkel Mobil Masa depan


Penatan Ruang dan Display Produk 
1. Menekankan kepada arus lalu lintas kendaraan yang masuk ke bengkel anda,kecukupan ruang parkir adalah syarat mutlak yang harus dimiliki.

2. Memberikan ruang pandang yang jelas,sehingga konsumen bisa melihat kendaraannya yang sedang diperbaiki


4. memasang poster berisikan prosedur pelayanan konsumen dan jaminan kualitas yang bisa didapatkan konsumen,dan bila perlu no telpon khusus untuk mengatasi keluhan konsumen.


Alur Kerja Bengkel

  Bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi operasional dalam sebuah bengkel,contohnya :

1. Proses pelayanan dimulai ketika pelanggan datang ke bengkel dengan membawa kendaraan yang akan diservis

2. Service advisor akan melayani dan memeriksa keluhan pelanggan,lalu memperkirakan apakah kerusakannya bisa diperbaiki atau harus ganti baru

3. Apabila pelanggan sudah setuju dengan estimasi biaya yang ditawarkan, SA akan membuat surat perintah kepada mekanik agar segera dikerjakan.

4. Kemudian setelah surat perintah keluar maka SA akan menyerahkan estimasi biaya kepada bagian keuangan untuk dimasukkan kedalam database.

5.Apabila kendaraan sudah selesai Kepala mekanik akan menyerahkan kendaraan yang telah selesai ke SA

6. setelah memeriksa kelengkapan kendaraan SA akan menghubungi pemilik kendaraan dan mengatakan sudah selesai diperbaiki dan seterusnya.

  Ini hanya contoh saja,tergantung tempat anda bengkelnya bagaimana tinggal menyesuaikan saja.

 


Manajemen Arus Kas Bengkel 
meliputi :
* Pendapatan bengkel adalah semua pemasukan yang berasal dari jasa servis dan penjualan sparepart
* Pengeluaran bengkel adalah meliputi biaya tenaga kerja,belanja sparepart,pemeliharaan alat,kebersihan,listrik,telepon dan air serta masih banyak lagi

Yang terpenting semua laporan harus jelas disertai dengan bukti pembayaran dan pembelian agar data-data akurat.


Sumber : (gambar) http://hidrolis.com/sketsa-3-d/arif-wedi-2012-03-11-15003200000/
              (informasi) https://www.facebook.com/notes/bikermart-purwokerto/manajemen-operasional-bengkel/217338024943338

Tidak ada komentar:

Posting Komentar